Priyandono

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
DREAM, EFFORT, AND FAITH

DREAM, EFFORT, AND FAITH

Judul Buku : Guru Pengangkut Air
Elegi Seorang Pengajar Honorer
Penulis : PRIYANDONO
Editor. : S. Jai
Penerbit. : Pagan Press
Tebal. : 116 hal
Ukuran. : 13 x 20
Cetakan Pertama : Desember 2018
ISBN : 602-5934-36-0
Peresensi : Susi Widiastuti *)

Dream, Effort, and Faith.Tigabuah kata yang saling bersinergi. Mimpi tanpa usaha dan keimanan ibarat mencari jejak di air. Usaha tanpa mimpi dan keimanan laiknya orang mabuk. Keimanan tanpa mimpi dan usaha seperti menulis di atas pasir. Bermimpi, berusaha, dan beriman berada dalam satu paket. Paket menuju sukses. Arti sukses tidaklah sama untuk setiap orang. Suksesku tidak sama dengan suksesmu. Suksesmu berbeda dengan sukses mereka. Namun semua kesuksesan bermuara pada tiga buah kata: dream, effort, and faith.
Dream. The Power of Dream. Mimpi mampu membangunkan jiwa-jiwa yang lemah untuk berusaha. Mimpi menimbulkan harapan. Dan kita bisa hidup dengan harapan. Betapa pun kecilnya harapan itu. Dream mempunyai kekuatan untuk membuat nyata sebuah keinginan. Bagaimana kita akan mewujudkan sesuatu jika kita tak pernah berangan-angan. Berapa banyak orang “besar” yang terlahir dari mimpi.


Mark Zuckerberg salah satunya. Dulu, Mark hanya berniat membuat Facebook sebagai wadah komunikasi online antarsesama mahasiswa Harvard. Namun fakta berkata lain. Media sosial yang dikembangkannya menjadi situs pertemanan yang paling banyak diminati orang. Tercatat jumlah pengguna layanan aktif ini, berdasarkan laporan We Are Social dan Hootsuite pada Maret 2018 sudah mencapai lebih dari 2,17 miliar. So, jangan pernah meremehkan mimpi. Kekuatannya bisa mengubah dunia.


Effort. Ada ungkapan Arab “Man Jadda WaJada” yang artinya “Barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil. Dalam bahasa Inggris, ”Where there is a will there is a way”. Dan di masyarakat kita terkenal dengan pepatah “Dimana ada kemauan, pasti disitu ada jalan”. Tiga ungkapan tersebut mengerucut pada satu hal yaitu usaha. Usaha artinya seberapa keras kita mencoba. Bahkan jika perlu harus kejam kepada diri sendiri. Mengalahkan rasa malas, sombong, dan tidak disiplin. Dan kerja keras tidak akan mengkianati hasil. Effort is the best indicator of interest. Itulah yang terjadi pada, Steve Jobs. Semua produk Apple yang terkenal dan branded adalah hasil dari interest yang berbuah effort.
Faith. Iman adalah poin terpenting dalam meraih kesuksesan. Tanpanya kita tidak berarah. Kesuksesan semu. Tak menghargai proses. Yang terpikir hanya tujuan dan tujuan. Bagaimana meraih tujuan menjadi tidak penting. Bagaimana agar terhindar dari kesuksesan tak bermakna? Hadirkanlah Allah di setiap langkah kita. Sehingga ketika dream dan effort membuahkan hasil di luar ekspetasi, kita tidak menjadi manusia tukang protes. Dengan keimanan kita akan bersabar menerima semua ketentuan-Nya. Sebab Dia adalah yang Maha Tahu. Keimanan akan menyelematkan kita pada jurang kehancuran.


Ketakutan pada kegagalan boleh jadi disebabkan karena bayang-bayang akan kegagalan. Padahal sebuah mimpi tidak dapat dijangkau oleh mereka yang takut gagal. Orang sukses pun takut gagal. Namun orang sukses memilih berjalan maju, bertindak, dan menghadapi rasa takutnya. Biarkan mimpimu lebih besar dari rasa takutmu. Buya Hamka pernah berkata,”Jangan takut gagal. Karena yang tidak pernah gagal adalah orang yang tidak pernah melangkah”.


Keyakinan, komitmen, dan ketaqwaan menjadi kekuatan dalam diri manusia untuk melakukan perubahan. Keyakinan yang berembrio dari suatu mimpi dan berkomitmen untuk meraih mimpi dengan melakukan usaha serta ketaqwaan yang didasari oleh adanya iman. Jangan biarkan imanmu roboh oleh besarnya mimpi dan kuatnya usaha. Dream adalah akar dari sukses. Dream menginspirasi effort. Faith melandasi effort.

Novel Guru Pengangkut Air yang ditulis Priyandono ini dapat membantu pembaca bukan saja untuk memahami arti sukses, tetapi juga berbicara tentang dream, effort, dan faith; dan yang lebih penting lagi memberi contoh nyata bagaimana sinergi antara dream, effort, dan faith. Kumpulan cerita pada buku ini menegaskan betapa pentingnya sinergi antara dream, effort, dan faith. Satu paket menuju kesuksesan yaitu paket DEF: Dream Effort Faith.

*) Susi Widiastuti, Guru dan Penulis tinggal di Kediri

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Luar biasa

11 Jan
Balas

He....He....apa kabar Mas. Semoga sehat dan sukses selalu

11 Jan

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali